16 Etika dan Karakter Guru PAUD yang Baik,
Harus Diamalkan. Ciri pertama seorang Pendidik atau Guru yang baik dan profesional
adalah ia akan membawa Perubahan Positif yang senantiasa mempunyai
inisiatif untuk menggulirkan perubahan
positif bagi lingkungan tempat ia
berkarya.
Mereka tidak akan menunggu
agar kehidupan menjadi lebih baik, sebaliknya, mereka akan melakukan perubahan untuk membuat
kehidupan menjadi lebih baik.
Perubahan positif tidak hanya terasakan oleh dirinya, namun juga oleh
lingkungannya.
Ciri kedua seorang pendidik
yang profesional adalah dia mampu mengubah Krisis Menjadi Keberuntungan. Selain
membawa perubahan positif, pendidik yang memiliki citra positif juga
mampu mengubah krisis
menjadi kesempatan untuk meraih
keberuntungan.
Citra diri yang positif
mendorong pendidik untuk menjadi pemenang dalam segala hal. Menurut orang-orang
yang bercitra diri positif, kekalahan, kegagalan, kesulitan dan hambatan
sifatnya hanya sementara.
Fokus perhatian mereka tidak
melulu tertuju kepada kondisi yang tidak menguntungkan tersebut, melainkan
fokus mereka diarahkan pada jalan keluar. Seringkali kita memandang pada pintu
yang tertutup terlalu lama, sehingga kita tidak melihat bahwa ada pintu-pintu
kesempatan lain yang terbuka untuk kita.
16 Etika dan Karakter Guru
PAUD yang Baik, Harus Diamalkan
Untuk menjadi guru PAUD yang
profesional hendaknya pada diri seorang guru harus terdapat karakter seorang
guru sejati yang tercermin setiap harinya. Yaitu:
1. Kasih sayang
Seorang pendidik PAUD harus
selalu mencerminkan sikap kasih sayang baik dengan sesama secara umum, dengan
sesama pendidik, terlebih dengan anak didik
2. Penghargaan
Seorang pendidik PAUD harus
selalu mencerminkan sikap saling menghargai
16 Etika dan Karakter Guru
PAUD yang Baik, Harus Diamalkan
3. Pemberian ruang untuk
pengembangan diri
Dengan pemberian ruang untuk
pengembangan diri, pendidik PAUD akan mencapai prestasi sebagai pendidik PAUD
yang benar-benar sesuai kompetensi
4. Kepercayaan
Kepercayaan dimaksudkan
sebagai kemampuan untuk memberikan kepercayaan dan menerima kepercayaan orang
lain, sehinggga melakukan tugas secara maksimal tanpa merasa diawasi.
5. Kerja sama
Pendidik PAUD harus dapat
bekerjasama baik dengan rekan kerja sesama pendidik dan dengan orang tua untuk
tujuan yang sama yaitu pengambangan anak usia dini
6. Saling berbagi
Pendidik PAUD diharapkan
memiliki karakter untuk selalu saling berbagi keterampilan,kemampuan dan
pengetahuan yang dimiliki dengan sesama pendidik
7. Saling memotivasi
Pendidik PAUD harus dapat
saling memberikan dorongan motivasi untuk lebih maju sehingga
bersama-samamenjadi pendidik PAUD yang lebih baik
8. Saling mendengarkan
Pendidik PAUD harus memiliki
karakter saling mendengarkan, karena pendengar yang baik adalah salah satu ciri
pembelajar yang baik
9. Saling berinteraksi secara
positif
Berinteraksi secara positif
merupakan kunci tercapainya keberhasilan sebuah tim.pendidik tidak dapat
bekerja secara individual, sehingga harus melibatkan kerjasama tim.
10. Saling menanamkan
nilai-nilai moral
Dengan saling menanamkan
nilai-nilai moral, pendidik akan mampu memberikan contoh/teladan yang baik
kepada anak-anak karena guru adalah model bagi anak-anak
11. Saling mengingatkan dengan
ketulusan hati
Pendidik harus saling
mengingatkan dengan ketulusan hati. Dengan saling mengingatkan akan terbentuk
karakter tim yang lebih kuat
12. Saling menularkan
antusiasme
Antusiasme/semangat dalam
bekerja adalah hal yang harus dipupuk. Salah satu cara yang paling efektif
adalah dengan saling menularkannya pada rekan kerja satu tim sesama pendidik
sehinggga akan berpengaruh positif terhadap anak
13. Saling menggali potensi diri
Dengan menggali potensi diri,
maka potensi yang sebelumnya kurang terasah akan terasah lebih optimal
14. Saling mengajari dengan
kerendahan hati
Saling mengajari dengan
kerendahan hati dimkasudkan untuk saling memberi bimbingan tanpa tujuan saling menggurui.
Dengan bimbingan sesama pendidik, pendidik akan memiliki kompetensi yang lebih
optimal
15. Saling menginspirasi
Sumber inspirasiyang paling
berpengaruh terhadap pendidik adalah anak didik dan sesama pendidik, karena
keduanya yang berinteraksi langsung dalam proses pembelajaran
16. Saling menghormati
perbedaan
Menghormati perbedaan adalah
kunci untuk dapat saling menerima satu sama lain. Tidak ada orang yang
sama,masing-masing memiliki latar belakang, keunikan tersendiri yang dapat
saling melengkapi satu sama lain sehingga terbangun tim yang lebih kuat.
http://paudjateng.xahzgs.com/2015/11/etika-dan-karakter-guru-paud-yang-baik.html
0 komentar :
Post a Comment